Tutorial JavaScript Untuk Pemula : Pengenalan Dasar JavaScript

Tutorial JavaScript Untuk Pemula : Pengenalan Dasar JavaScript


Tutorial JavaScript Bagi Pemula Part 1 - Bagi seorang programmer, siapa sih yang tidak mengenal JavaScript. Mungkin bagi sebagian programmer pemula istilah tersebut masih asing di telinga mereka, namun di sisi lain bagi programmer yang sudah lama malang melintang di dunia pemrograman, istilah JavaScript sudah sangat familiar di telinga mereka.

Bagi kalian yang penasaran tentang “apa sih JavaScript” itu, nah kebetulan hari ini juga saya akan membaha topik ini secara jelas kepada sobat semua yang penasaran dengan bahasa pemrograman yang satu ini. Berikut ini adalah penjelasan tentang JavaScript.

JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis orientasi objek (OOP) yang paling populer di kalangan programmer, terkhususnya programmer web. JavaScript sendiri biasa digunakan untuk keperluan website. Para programmer biasa menyisipkan kode JavaScript agar website yang mereka buat menjadi lebih dinamis dan interaktif.

JavaScript dapat dijalankan di komputer client (Client Side Programming) yang dimana kode programnya dijalankan atau dieksekusi di sisi client, dalam hal ini client adalah si pengunjung situs atau pengguna.

JavaScript berbeda dengan java yang notabene-nya kedua kode tersebut mirip tetapi kode java lebih rumit dibandingkan dengan JavaScript yang lebih simpel sehingga kode JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang gratis dan mudah digunakan.

Untuk menulis kode JavaScript anda hanya perlu 2 software yakni text editor dan browser untuk menjalankannya. Tidak seperti bahasa pemrograman yang lain yang membutuhkan sebuah kompiler untuk menjalankan kodenya.

JavaScript pertama kali diciptakan oleh Brendan Eich dan diperkenalkan oleh browser Netscape Navigator 2 dengan nama Livescript lalu berganti nama menjadi JavaScript. Di awal perkembangannya ada beberapa browser yang tidak kompatibel dengan kode JavaScript ini, sebut saja Internet Explorer.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, kode JavaScript kini bisa dijalankan di berbagai aplikasi browser. JavaScript sudah memiliki library sendiri yaitu bernama Jquery yang dimana dengan menggunakan library ini, kode JavaScript dapat menjadi lebih sederhana dengan berbagai fungsi-fungsi yang tersedia di-dalamnya, sehingga kita bisa membuat halaman web menjadi lebih keren.

JavaScript memiliki peran penting dalam membuat sebuah halaman web, karena dengan kode JavaScript halaman web menjadi lebih interaktif dan juga dinamis. Sebagai contoh JavaScript dapat mendeteksi browser yang sedang sobat gunakan, selain itu kita dapat membuat cookie atau kode yang biasa digunakan untuk menyimpan data atau informasi dari browser yang sobat pakai.

Strukur Penulisan JavaScript


Ada beberapa macam penulisan kode JavaScript, yang pertama yaitu biasanya disisipkan bersama-sama dengan kode HTML dan yang kedua yaitu kode JavaScript dibuat secara terpisah atau file tersendiri (dengan ekstensi file .js). dalam penulisannya, biasanya kode JavaScript diawali dengan  tag <script type = “text/JavaScript”> dan diakhiri dengan </script>. Berikut ini adalah contohnya.

Penulisan kode JavaScript bisa anda sisipkan di antara tag <head> dan </head> dengan menggunakan syntax sebagai berikut.


<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<title>JavaScript</title>

<script type="text/javascript">

alert (“Hello World”);

</script>

</head>

<body>

Latihan JavaScript <br>

</body>

</html>


Ketika sobat menjalankan kode di atas, maka browser secara otomatis akan menampilkan notifikasi yang berisi tulisan Hello World karena fungsi alert pada kode di atas yaitu untuk menampilkan sebuah notifikasi pada web browser yang sobat pakai.

Dan contoh yang kedua yaitu anda bisa meletakan kode JavaScript di antara tag <body> dan </body> dengan syntax sebagai berikut.


<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<title>Latihan JavaScript</title>

</head>

<body>

...

<script language=”javascript” type=”text/javascript”>

document.write(“ Belajar JavaScript ”);

</script>

...

</body>

</html>


Ketika sobat menjalankan kode program di atas, maka secara otomatis browser akan menampilkan tulisan berupa Belajar JavaScript melalui menggunakan perintah document.write pada kode JavaScript.

Penutup

Dalam perkembangannya kode JavaScript kini sudah hal yang wajib bagi programmer ketika ingin membuat halaman web. Karena di masa kini, sudah banyak sekali website yang menggunakan kode JavaScript agar tampilan dari website tersebut menjadi lebih dinamis, interaktif dan juga terlihat asyik.

Tetapi saran saya sebaiknya apabila sobat ingin membuat halaman web dengan menggunakan kode JavaScript usahakan jangan terlalu banyak menyisipkan kode JavaScript tersebut di halaman web sobat karena nanti ujung-ujungnya bukannya tampilan web menjadi lebih dinamis malah menjadi berat / lama ketika sedang dimuat.

Demikian bacaan mengenai Pengenalan Dasar JavaScript semoga dari artikel tersebut boleh menjadi referensi bagi sobat yang ingin mempelajarinya. Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya