Tutorial HTML Untuk Pemula : Pengenalan Dasar HTML

Tutorial HTML Untuk Pemula Part 1 - Pada tutorial pertama kali ini, kita akan membahas mengenai Pengenalan dasar HTML, yang dimana kita akan belajar bersama-sama tentang pengertian html, fungsi HTML, perbedaan dokumen HTML dengan dokumen lain, kerangka dasar HTML dan juga contoh penulisan HTML. dan untuk tutorial ini, kita membahasnya secara berkala melalui artikel-artikel berikutnya yang akan datang

Tutorial HTML Untuk Pemula Part 1


Pengertian HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah halaman web. HTML dirancang untuk digunakan tanpa tergantung pada suatu platform tertentu.

Dokumen HTML adalah suatu dokumen teks biasa dan biasa disebut sebagai markup languagekarena memang dokumen tersebut berisi tanda-tanda (tag) tertentu yang digunakan untuk memformat tampilan suatu teks pada suatu dokumen.

Pada dokumen HTML yang termasuk system hypertext, yang dimana kita tidak harus membaca dokumen tersebut secara urut dari atas ke bawah dan juga sebaliknya, tetapi kita dapat menuju pada topik tertentu secara langsung dengan melalui teks pengubung hyperlink, yang akan membawa anda langsung ke suatu pembahasan ataupun ke halaman lain secara langsung.

Untuk menulis sebuah dokumen HTML kita butuh software teks editor khusus seperti Notepad++, Sublime Text, Adobe dreamweaver, dll untuk membuatnya, atau bahkan apabila sobat tidak mempunyai software seperti yang saya sebutkan di atas, sobat bisa menggunakan aplikasi bawaan windows seperti Notepad.

Fungsi HTML

Berikut ini adalah berbagai macam fungsi HTML yang telah saya rangkum: 


  • Mengatur dan mendesain halaman web
  • Membuat form yang dapat gunakan untuk membuat pendaftaran, menangani transaksi, mengisi data, dan lain-lain.
  • Menampilkan informasi dari dokumen yang dapat diakses melalui internet
  • Dapat menghubungkan dari satu dokumen ke dokumen lainnya melalui hyperlink atau link

Perbedaan dokumen HTML dengan dokumen lain

Perbedaan dokumen HTML dengan dokumen lainnya yaitu pada dokumen HTML dapat memberikan suatu format seperti bentuk tebal, miring, garis bawah pada suatu teks, tabel, form, list, hyperlink, warna latar, dll, sedangkan dokumen lain tidak bisa melakukan pemformatan terhadap dokumen seperti HTML.

Untuk menjalankan sebuah dokumen HTML, biasanya menggunakan software khusus yang biasa disebut dengan web browser atau browser.

Kerangka dasar HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. Ciri utama dokumen HTML yaitu adanya tag dan elemen. Elemen dalam dokumen HTML dikategorikan menjadi 2 yaitu elemen <head> yang berfungsi memberikan informasi tentang dokumen tersebut dan elemen <body> yang menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan oleh browser seperti teks, tabel, paragraf, hyperlink, dan lain-lain.

Sedangkan Tag dinyatakan dengan diawali tanda lebih kecil “<” (tag awal) dan tanda lebih besar “>” (tag akhir). Dalam penggunaannya  sebagian besar kode HTML tersebut harus diletakan diantara tag kontainer. Yaitu diawali dengan <namatag> dan diakhiri dengan </namatag> (terdapat tanda “/”).

Berikut ini adalah contoh struktur dokumen HTML:

<html>
<head>
<title> Judul Dokumen </title>
</head>
<body>
Ini adalah isi dari dokumen yang akan ditampilkan melalui
browser
</body>
</html>

Penjelasan dari struktur HTML diatas, yaitu :
<html> : tag ini berfungsi mendefinisikan suatu dokumen HTML
<head> : tag ini berfungsi memberikan informasi tentang dokumen tersebut
<title> : tag yang berfungsi untuk menampilkan judul dari sebuah dokumen HTML
<body> : tag yang menentukan isi dari suatu dokumen yang  ditampilkan oleh browser
Dan untuk hasilnya, sobat bisa melihat seperti gambar dibawah ini.
Hasil dokumen HTML
Demikian pembahasan mengenai Pengenalan Dasar HTML. Dan untuk materi berikutnya akan dibahas pada artikel berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya