7 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Membangun Website


 7 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Membangun Website - Bahasa pemrograman merupakan kumpulan skrip yang ditulis dalam bentuk teks, yang berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melakukan sesuatu. Sebuah bahasa pemrograman biasa ditulis dengan teliti dan dan dibuat dengan pola yang sangat kompleks untuk memberikan perintah kepada sistem komputer.

7 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Membangun Website


Di era sekarang ini sudah banyak sekali bahasa pemrograman yang berkembang saat ini bahkan sudah berkembang framework-framework yang bisa anda gunakan secara gratis seperti halnya Bootstrap (untuk CSS), Codeigniter (untuk PHP) dan Jquery (untuk Javascript), yang mana anda bisa membangun sebuah Website dengan sangat mudah dengan memanggil class-class tertentu yang tersedia. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman terbaik untuk membangun atau mengembangkan website.



1.       Javascript





Javascript merupakan bahasa pemrograman yang terbaik dan populer untuk membangun sebuah web. Javascript (atau biasa disingkat dengan JS) sendiri biasa digunakan untuk membuat website menjadi tampak lebih dinamis dan interaktif.

Bahasa pemrogaman ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai para web developer karena mudah dibuat dan tidak memerlukan compiler



2.       C




Bahasa C merupakan salah satu yang populer bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk membuat website maupun aplikasi desktop.  Struktur bahasa C memiliki kemiripan dengan C++ dan C#, karena memang kedua bahasa pemrograman tersebut dikembangkan oleh bahasa C sendiri, bahkan banyak bahasa pemrograman lainnya yang syntax-nya meniru bahasa ini. 

Bahasa pemrograman ini membutuhkan compiler untuk menjalankannya



3.       C++




Bahasa pemrograman yang satu ini masih satu keluarga dengan bahasa C, artinya bahasa C++ banyak mengadopsi sintax-sintax dari bahasa C, walaupun mirip tapi tidak sama. C++ adalah bahasa pemrograman terbaik pilihan para web programmer maupun desktop programmer dan sudah banyak website-website terkenal yang dibangun dengan bahasa ini.



4.       Java




Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem ini merupakan bahasa pemrograman terpopuler dan paling banyak digunakan saat ini oleh para programmer. Java sendiri adalah bahasa pemrograman berbasis Pemrograman Berorientasi Objek (OOP = Object Oriented Programming).

Saat ini banyak sekali aplikasi maupun game yang dibangun menggunakan bahasa yang satu ini dan dapat berjalan di berbagai platform baik itu komputer maupun smartphone.



5.       CSS




CSS (Cascading Style Sheet) sendiri merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consurtium) yang pada umumnya digunakan untuk mengontrol atau mengatur tampilan dari sebuah web atau blog. CSS adalah bahasa pemrograman yang wajib digunakan apabila anda ingin membangun sebuah website agar tampak lebih rapih dan enak dilihat. 

Biasanya skrip CSS diletakan bersama-sama dengan dokumen HTML ataupun dokumen tersendiri.



6.       Php



PHP atau pada awalnya dikenal dengan nama Personal Home Tools namun sekarang diganti menjadi Hypertext Preprocessormerupakan salah satu bahasa pemrograman yang terbaik dan paling banyak digunakan untuk membangun sebuah  aplikasi web / website.

Bahasa ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang gratis, mudah digunakan dan juga mudah dipahami sehingga banyak sekali banyak programmer yang menggunakan bahasa ini untuk membangun website mereka agar lebih dinamis bahkan beberapa website terkenal dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini seperti Amazon, Facebook, Wordpress, Ebay dll. Anda perlu menginstall mini server seperti Xampp terlebih dahulu untuk menjalankannya.



7.       Phyton




Phyton merupakan salah satu bahasa pemrograman yang multi fungsi dan mudah digunakan, artinya bahasa ini dibuat sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami sama seperti PHP dan juga anda tidak memerlukan compiler untuk menjalankannya. Bahasa ini banyak diimplementasikan di berbagai platform  dan biasa digunakan untuk membuat aplikasi dan juga website.



Demikian artikel dari saya kali ini, semoga bermanfaat.

Comments

  1. Sekarang saya baru tahu bahasa java, dan php, gak tau kalau nanti sore

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

Pengertian Framework dan Fungsinya

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet