Tutorial Membuat Flat Design Dengan Coreldraw


Tutorial  Membuat Flat Design Dengan Coreldraw - Hallo bloggers, kali ini saya akan membagikan kepada anda semua yaitu tutorial membuat flat design menggunakan coreldraw. Sebelum kita masuk ke pembahasan mari kita bahas sama-sama mengenai desain yang sedang trend saat ini yaitu flat design.

Pengertian flat design

Flat design sendiri atau desain datar merupakan sebuah desain antar muka pengguna yang mengusung konsep minimalis, bersih dan simple yang dimana pada desain ini ditekankan pada aspek penggunaan bentuk dan tekstur yang simple beserta penggunaan warna dan tipografi. Saat ini penggunaan konsep flat design banyak sekali kita lihat, mulai dari tampilan suatu website, aplikasi maupun tampilan antarmuka pengguna (user interface).

Tutorial  Membuat Flat Design Dengan Coreldraw


Tutorial flat design

Setelah kita membahas mengenai pengertian dari flat design di atas, mari sama-sama kita simak tutorialnya di bawah ini. Pada studi kasus kali ini, saya menggunakan CorelDraw X7 untuk men-desainnya, tapi anda jangan khawatir, anda pun bisa menggunakan CorelDraw versi apapun untuk membuat-nya. Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan.

·         Jalankan program CorelDraw yang anda miliki, kemudian buatlah ukuran canvas yakni 800 x 600 seperti di bawah ini.



·         Pertama-tama buatlah objek lingkaran dengan menggunakan Elipse tool sebagai background dari gambar flat design-nya nanti.



·         Kemudian berilah warna pada lingkaran tersebut dan hilangkan border di sekelilingnya. Anda bisa melihat pilihan warna yang cocok untuk flat design dengan mengakses situs flatuicolors.com disitu terdapat banyak sekali warna yang digunakan untuk konsep flat design.



·         Lalu buatlah objek baru berbentuk persegi dan copy lagi objek tersebut dengan ukuran yang lebih kecil dari persegi yang sebelumnya tujuannya yaitu untuk membuat gambar / objek utama.



·         Berilah warna pada kedua objek tersebut agar tampak lebih menarik.



·         Buatlah dua objek persegi yang baru dan tempatkan di bawah dari objek persegi sebelumnya, seperti dibawah ini.



·         Setelah semua objek sudah jadi, saatnya kita menggabungkan semua objek tersebut menjadi satu (kecuali background) dengan menekan tombol CTRL + G pada keyboard.

axelwebsite.blogspot.com


·         Langkah berikutnya lagi yakni, membuat bayangan dari objek menggunakan tool bernama Extrude tool pada toolbox sebelah kiri bawah.



·         Lalu pilih objek yang ingin dibuat bayangan-nya kemudian tarik ke arah bawah kanan hingga melewati ukuran dari background lingkaran, kemudian ubah warna bayangan menjadi warna hitam.



·         Nah pada bagian ini, kita pisahkan dulu objek bayangan dengan objek utama dengan menyeleksinya semua terlebih dahulu lalu tekan tombol CTRL + K dan CTRL + Klalu pisahkan kedua objek tersebut.



·         Setelah semua objek terpisah, seleksi bayangan yang tadi kita buat kemudian pilih menu shaping lalu pilih Weld untuk menggabungkan semua objek bayangan yang terpisah tadi.



·         Pindahkan lagi objek utama ke tempat yang semula dan sesuaikan dengan bayangannya



·         Tahap berikutnya yaitu, memotong bagian objek bayangan agar terlihat lebih rapi. Dengan tekan tombol Shift + klik kiri objek lingkaran yang besar dan bayangan, lalu pilih intersect pada menu shaping di atas dan hapus objek bayangan hasil perpotongan, kurang lebih hasilnya sebagai berikut.



·         Dan langkah yang terakhir yaitu dengan memberikan transparansi warna pada bayangan tadi menggunakan Transparency tool dan ubah nilai-nya menjadi 88 serta ubah mode warna menjadi Multiply.



·         Dan jadilah hasil desain kali ini yaitu flat design, kira-kira seperti dibawah ini.



Sumber Referensi :
1. www.pindexain.com
2. Dynecreative.blogspot.com
Demikianlah tutorial dari saya kali ini semoga bermanfaat. Selamat mencoba

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya