Cara Merawat Komputer Dan Laptop Agar Tetap Awet

Cara Merawat Komputer Dan Laptop Agar Tetap Awet - Komputer dan laptop sekarang sudah menjadi barang yang vital untuk menunjang produktivitas manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Di samping itu, banyak orang yang ingin menjaga komputer / laptop mereka agar tetap terpelihara, baik menjaga dari adanya kerusakan, maupun menjaga agar perangkatnya tetap optimal pada saat digunakan.

Cara Merawat Komputer Dan Laptop Agar Tetap Awet


Pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa tips atau cara yang bisa anda gunakan untuk menjaga kondisi perangkat komputer / laptop agar tetap baik dan tahan lama. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa langsung anda praktekan :


  • Bersihkan perangkat anda secara berkala


Cara yang satu ini adalah cara yang paling umum dan paling banyak digunakan untuk merawat komputer / laptop anda. Untuk membersihkannya, anda perlu membutuhkan kuas dan kain halus.  Bila anda menggunakan komputer, maka anda bisa membuka Casing CPU dan menyapu bersih kotoran / debu yang menempel pada Motherboard dan juga peripheral sekitarnya dengan menggunakan kuas yang sudah disediakan, dan pastikan aliran listrik pada komputer dimatikan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bila perlu, anda bisa juga membersihkan Keyboard, Mouse,  dan Monitor agar terlihat lebih bersih.


  • Jangan gunakan perangkat tempat dengan suhu ekstrim


Agar perangkat anda terjaga kualitasnya, maka salah satu hal yang perlu anda tahu yaitu jauhi perangkat anda dari tempat dengan suhu yang terbilang ekstrim, sebagai contoh anda menggunakan laptop anda di luar ruangan pada siang hari, yang mana itu dapat menyebabkan kerusakan fatal pada perangkat komputer maupun laptop anda.


  • Hapus software / program yang tidak digunakan


Jika anda punya beberapa program yang sudah tidak digunakan, ada baiknya anda menghapus / uninstall program tersebut karena selain dapat menghambat kinerja perangkat anda, akibat lainnya yaitu menyempit-nya ruang harddisk yang tersedia dan membuat perangkat anda semakin berat atau lambat ketika digunakan.


  • Jangan letakan laptop anda di atas tempat tidur


Kebiasaan orang-orang ketika menggunakan laptop yaitu meletakan laptop mereka di atas tempat tidur. Apabila anda salah satunya sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut, karena ketika anda menggunakan perangkat anda di atas tempat tidur, maka debu atau kotoran yang berada di tempat tidur dapat menghambat proses pembuangan udara panas melalui sela-sela yang terdapat di bagian bawah laptop sehingga dapat menimbulkan panas yang berlebihan.


  • Jangan gunakan laptop hingga baterai habis total


Ketika anda menggunakan laptop untuk melakukan pekerjaan yang banyak, maka baterai laptop yang anda gunakan juga terkuras banyak yang diakibatkan oleh pemakaian yang berlebih seperti proses multitasking banyak. Jika anda terus menggunakannya hingga baterai laptop habis total alias 0%, sebaiknya anda hindari hal tersebut karena dapat mempengaruhi kualitas baterai dan dapat memperpendek usia baterai laptop, untuk mencegah hal tersebut, usahakan segera mengecas laptop anda sebelum baterai terkuras habis.


  • Pasang program Antivirus


Tentu semua orang tidak ingin perangkatnya rusak karena adanya virus / malware yang menyerang laptop ataupun komputer. Jika anda ingin hal tersebut tidak terjadi pada anda, maka solusi yang paling ampuh yakni memasang Program Antivirus pada laptop atau komputer anda dan mengupdatenya secara berkala agar tetap terjaga dan aman dari serangan virus.


  • Hindari benda-benda bersifat magnet.


Anda sebaiknya menghindari benda-benda yang bersifat magnet di sekitar perangkat anda, karena magnet sendiri memiliki radiasi yang sangat kuat yang dapat merusak perangkat anda, terlebih ketika didekatkan dengan layar laptop / komputer.


  • Gunakan stabilizer pada komputer


Anda bisa menggunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik pada komputer anda serta dapat mengantisipasi ketika listrik padam. Jika anda tidak menggunakan stabilizer / UPS maka ketika listrik padam, kemungkinan besar komputer beserta peripheral lainnya dapat rusak jika hal ini terus dibiarkan.

  • Jauhkan laptop / komputer dari benda cair


Apabila anda biasa menaruh gelas atau benda lainnya yang berisi air, sebaiknya anda jauhkan benda-benda tersebut dari komputer, laptop ataupun perangkat elektronik lainnya. Apabila perangkat anda terkena cairan, sebaiknya anda se-segera mungkin matikan perangkat anda dan lepaskan semua komponen yang ada dan keringkan selama beberapa jam, setelah itu coba hidupkan kembali.


  • Gunakanlah kabel ground pada komputer


Fungsi dari kabel ground sendiri yakni untuk mencegah adanya sengatan listrik yang bersumber dari casing CPU komputer. Untuk menggunakan kabel ground, ambil seutas kabel dengan panjang berapapun, pasangkan ujung kabel yang satu pada casing CPU dan yang satu lagi tanamkan pada tanah, tujuannya yaitu untuk menetralisir adanya sengatan listrik dari casing CPU. Dengan demikian komputer anda tetap terjaga dari kerusakan dan anda pun aman saat menggunakannya.


  • Nyalakan dan matikan komputer sesuai prosedur


Beberapa orang yang sering mematikan komputer mapun laptop mereka dengan cara paksa, hal semacam ini biasa disebut dengan Hard Boot, secara tidak sadar, aktivitas semacam ini dapat menyebabkan komputer / laptop anda rusak. Gejala awal yang ditimbulkan biasanya komputer / laptop sering mati sendiri ketika sedang berjalan.

Sekian Artikel Mengenai Cara Merawat Komputer Dan Laptop Agar Tetap Awet, semoga baccaan tersebut dapat bermanfaat bagi sobat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya