Pengertian Smartphone Secara Lengkap.

Pengertian Smartphone Secara Lengkap.


Smartphone atau ponsel pintar merupakan alat komunikasi elektronik yang memiliki kemampuan lebih dari sekedar ponsel biasa, layaknya sebuah komputer yang dimana terdapat sistem operasi untuk menjalankannya yang sudah tertanam di dalamnya.

Umumnya smartphone mengusung layar sentuh untuk berinteraksi dengan pengguna-nya karena kemudahan dalam menggunakannya serta bernavigasi. Teknologi smartphone dari tahun ke tahun selalu berkembang mulai dari banyaknya aplikasi / game yang tersedia di smartphone, adanya fitur seperti GPS, koneksi Wi-Fi, NFC (Near Field Communication), dan berbagai fitur lainnya seperti Sensor rotasi hingga perkembangan spesifikasi dari smartphone tersebut (contoh-nya : Kapasitas memori, resolusi layar, dll).

Sistem operasi yang tertanam di smartphone pun juga banyak, mulai dari Android yang mana dengan pengguna paling banyak yang hampir menguasai pangsa smartphone, IOS, Symbian, dan Windows, Blackberry OS .

Apa saja kemampuan dari smartphone ?

Tidak seperti ponsel biasa, smartphone (ponsel pintar) memiliki beragam fitur dan kemampuan yang dimiliki lebih dari ponsel biasa, sehingga tak heran jika sekarang banyak orang beralih menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi. Berikut saya akan menjabarkan kemampuan yang dimiliki smartphone ini :

·         Kemampuan dalam mengirim dan menerima pesan dan panggilan suara.

·         Kemampuan dalam menjelajah internet (browsing)

·         Dapat mengirim dan menerima surat elektronik / E-mail

·         Mengambil foto dan video dengan kamera

·         Adanya fitur GPS yang dimana anda bisa mengetahui lokasi anda dimanapun anda berada

·         Adanya kemampuan merekam dan mendengarkan audio / musik

·         Dapat menampilkan informasi cuaca

·         Adanya akses membaca e-book seperti pdf dan format lainnya

·         Melakukan pencarian dengan menggunakan suara seperti Cortana (Windows phone), Siri (Iphone) dan Google voice (Pengguna Android).

·         Kemampuan untuk mendownload aplikasi atau game melalui market apps seperti Google Play Store, App Store, dan Windows Store

·         Dll

Manfaat dari smartphone

Sebagai ponsel multifungsi, smartphone dapat mempermudah kita dalam melakukan sesuatu serta dapat meningkatkan produktivitas, sebut saja, apabila anda ingin mengetik dokumen, maka anda tidak perlu menggunakan laptop untuk mengerjakannya. Anda hanya perlu menginstall aplikasi office dan anda pun bisa melakukannya hanya melalui smartphone anda.

Lantas apa sajakah manfaat dari smartphone ini :
1. Dengan smartphone, anda bisa membaca berita, menonton film, bermain game (baik offline maupun online), serta mendengarkan musik sesuka anda.

2. Kebebasan dalam berseluncur di internet yang mana anda bisa mengakses situs web baik dari tampilan seluler maupun versi desktop, belanja di toko online, membaca ebook online, kursus online, dan lain sebagainya

3.  Dengan smartphone, anda dengan mudah dapat mengecek email, sosial media, pesan chat bahkan dapat mengecek rekening bank anda.

4. Apabila smartphone anda tidak memiliki penyimpanan yang cukup, jangan khawatir, anda bisa menyimpan file anda dengan meng-upload file anda menggunakan layanan cloud storage atau penyimpanan berbasis awan melalui layanan seperti google drive, dropbox, Onedrive, dll

5. Anda bisa menggunakan smartphone anda untuk membayar barang dengan menggunakan fitur NFC yang tertanam pada smartphone anda.

6. Apabila anda ingin berpergian, anda bisa menggunakan aplikasi peta seperti Google maps yang dapat memberikan petunjuk arah kemana anda pergi dan dimana anda berada. Untuk mengaksesnya anda perlu meng-aktifkan fitur GPS pada ponsel pintar anda.

7. Dengan smartphone, Anda bisa mengakses jaringan WI-FI dengan mudah, baik di tempat umum maupun di dalam rumah.


Itulah artikel mengenai definisi mengenai smartphone yang saya ulas kali ini, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Comments

  1. Sipp,
    agan punya artikel yg pake referensi blog tetangga gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa gan. Tpi biasanya sy pke referensi blog luar.

      Delete
  2. ternyata ini pengertiannya handphone taunya make aja min

    Salam

    Pongery.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya