Pengertian Komputer Secara Lengkap Beserta Manfaat

Pengertian Komputer Secara Lengkap Beserta Manfaat


Komputer adalah suatu alat elektronik yang digunakan untuk menerima data masukan, mengolah data, hingga menampilkan data hasil olahan berupa sebuah informasi. Kata komputer sendiri berasal dari kata to compute yang berarti menghitung, sesuai dengan namanya, komputer berfungsi mengolah data melalui perhitungan aritmatik. Jaman dahulu hanya orang tertentu saja yang bisa menggunakan komputer, tetapi sekarang semua orang bisa menggunakan komputer mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk kebutuhan tertentu.


Cara kerja komputer

Pertama-tama, data dimasukan ke dalam memori komputer. Kemudian ketika program berjalan, komputer memberikan sejumlah instruksi / perintah dan mengolah data-data tersebut. Setelah itu komputer akan menampilkan hasil olahan data berupa sebuah informasi melalui perangkat output seperti monitor dan printer. Sebuah sistem komputer terbagi atas 3 bagian, yaitu :

1. Hardware : merupakan komponen-komponen elektronik yang dapat disentuh da
dilihat secara fisik. Contohnya yaitu : keyboard, monitor, mouse, dll

2. Software : merupakan sekumpulan instruksi (perintah) atau biasa disebut dengan program / aplikasi, yang memberitahukan kepada komputer apa yang harus dilakukan. Contohnya : sistem operasi, dan juga program aplikasi pengolah kata.

3. Brainware : merupakan orang / pengguna yang mengoperasikan komputer tersebut.

Struktur internal komputer sendiri terdiri atas 4 bagian utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), memori utama, modul input / output, dan sistem interkoneksi. CPU berfungsi melakukan pemrosesan data dan juga mengontrol operasi komputer.

Memori utama berfungsi untuk menyimpan data atau program dari pengguna, contohnya adalah RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory), modul input / output berfungsi sebagai media penghubung / koneksi antar bagian dalam komputer dengan bagian luar komputer, sedangkan sistem interkoneksi berfungsi untuk menghungkan semua bagian yang ada pada dalam komputer.

Struktur eksternal komputer terdiri dari 2 bagian yaitu, peripheral, dan jalur komunikasi. Contoh dari peripheral sendiri adalah keyboard, mouse, monitor, media penyimpanan, dll. Sedangkan jalur komuniasi yaitu berupa kabel penghubung antara komputer dengan peripheral.

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer merupakan komponen elektronik yang mampu mengolah / memproses data, dari pengertian itu-lah komputer sekarang banyak dimanfaatkan di segala bidang kehidupan, antara lain :

1. Bidang pendidikan

Manfaat Komputer di Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan penggunaan komputer sangatlah berguna dalam instansi pendidikan, bagi siswa komputer digunakan untuk belajar, mengerjakan latihan soal, meningkatkan kemampuan menggunakan komputer. Mereka juga bisa mengakses internet, melakukan penelitian ilmiah dan juga berkomunikasi antar siswa di sekolah maupun di seluruh dunia, Bagi pengajar, komputer digunakan sebagai media mengajar kepada siswa.

2. Bidang perbankan

Manfaat Komputer di Bidang Perbankan

Dalam dunia perbankan, komputer digunakan untuk menyimpan informasi keuangan para nasabah dan memungkinkan pegawai bank untuk mengakses database yang besar serta melakukan transaksi keuangan dimana pun dan kapan pun dengan cepat.

3. Bidang kesehatan

Manfaat Komputer di Bidang Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, komputer dimanfaatkan untuk menyimpan informasi para pasien, menganalisis diagnosa penyakit pasien, serta menyimpan data-data penting rumah sakit, puskesmas dll.

4. Bidang bisnis

Manfaat Komputer di Bidang Bisnis

Dalam bidang bisnis, komputer digunakan untuk membantu perusahaan dalam memasarkan dan mempromosikan produk mereka kepada khalayak ramai dengan mudah, kapanpun dan dimana pun. Selain itu dengan adanya pemanfaatan komputer di bidang bisnis, para klien mudah tertarik dengan produk yang dipasarkan serta dapat dengan mudah melihat informasi perusahaan tersebut apakah perusahaan tersebut terpercaya atau tidak .

Kesimpulannya adalah komputer merupakan alat elektronik yang memegang peran penting di jaman sekarang, karena dapat membantu orang-orang dalam melakukan pekerjaannya serta memenuhi kebutuhan di segala bidang kehidupan. Sekian artikel dari saya kali ini semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya