5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet


5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet


Perkembangan smartphone akhir-akhir ini sangat pesat dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, begitu pun juga dengan perkembangan aplikasi yang sudah banyak dan semakin canggih. Kita bisa dengan mudah menginstall aplikasi yang kita inginkan melalui layanan google play store.

Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa aplikasi yang kita install ternyata menguras kuota internet alias boros kuota, yang notabennya adalah aplikasi yang sering kita pakai sehari-hari seperti aplikasi chatting dan social media.
Sebenarnya kita bisa mencegah hal ini dengan cara mengaktifkan fitur hemat daya melalui pengaturan dari masing-masing aplikasi ataupun melalui aplikasi penghemat kuota seperti opera max. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan aplikasi-aplikasi yang boros paket internet.

1    Instagram
Layanan  sosial media sekaligus aplikasi mengedit foto yang satu ini biasanya hanya menampilkan foto dan video di timeline-nya,  maka dari itulah aplikasi ini sangat menguras kuota anda  dalam jumlah yang banyak, meskipun anda hanya bermain beberapa menit saja.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengatur setingan di aplikasi tersebut yaitu dengan cara, pergi ke pengaturan, kemudian pilih Cellular data use, lalu pilih use less data

2       Facebook
Facebook


Facebook merupakan sosial media terbesar di dunia saat ini, yang dimana pengguna aktifnya mencapai 1 milyar lebih termasuk anda juga kan, hehehe.

Tampilannya hampir sama dengan instagram Cuma bedanya yaitu, pada facebook, pengguna bisa meng-update statusnya berupa teks. Aplikasi ini juga menguras kuota anda bahkan dapat menguras baterai anda dengan cepat.

 Ada beberapa cara alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu antara lain :
·         Buka aplikasi facebook dan login menggunakan akun anda, kemudian pergi ke tab pengaturan disebelah kanan atas (yang ada gambar 3 garis datar), kemudian cari pengaturan aplikasi, lalu nonaktifkan menu upload photos in HD, upload videos in HD, dan matikan fitur autoplay.

·         menggunakan aplikasi facebook lite yang bisa digunakan di segala kondisi jaringan dan dan menghemat data kurang lebih 50 %.

·         Atau anda juga bisa menggunakan layanan facebook gratis tanpa kuota data sedikitpun, yaitu dengan mengakses www.free.facebook.com tetapi anda tidak bisa melihat foto dan video pada mode gratis ini.

3       Twitter

Twitter


Menjadi salah satu layanan sosial media terbesar di dunia, tak heran jika penggunanya menembus angka higga 500 juta lebih. Timeline twitter yang dipenuhi dengan cuitan, video serta gambar inilah yang menyebabkan twitter menjadi aplikasi sosial media yang boros kuota para penggunanya. Berikut ini beberapa cara untuk  menghemat kuota saat menggunakan aplikasi twitter.
·         Buka aplikasi twitter, kemudian login dengan akun anda
·         Pilih menu saya di bagian pojok kiri atas
·         Setelah itu pilih menu pengaturan, lalu cari Penggunaan Data. Matikan fitur autoplay serta gunakan WI-FI untuk video dengan kualitas tinggi

4       Youtube
Youtube


Youtube, merupakan aplikasi streaming video terbaik saat ini yang dimana didalam-nya menyediakan ratusan ribu, bahkan jutaan konten - konten video yang menarik yang membuat pengguna-nya betah menjelajahi konten-konten yang ada di dalamnya, tetapi anda harus ingat bahwa aplikasi ini jelas menguras kuota internet anda. Tetapi anda jangan khawatir akan hal tersebut, anda bisa mencoba aplikasi Youtube Go, yang dapat menghemat kuota anda agar tidak jebol serta aplikasi-nya yang ringan. Selain cara tersebut anda bisa menyimpan offline video yang akan ditonton kapanpun dan dimanapun.

5       Spotify
Spotify


Dan yang terakhir adalah layanan streaming musik spotify. Aplikasi ini menyediakan jutaan konten musik seperti album, playlist, genre, artis serta label perekaman. Aplikasi ini menawarkan 2 fitur utama, yaitu gratis dan berbayar. Untuk menghemat data anda saat streaming lagu di spotify, yaitu dengan cara pergi menu Setting, kemudian cari Streaming lalu ubah kualitasnya menjadi Normal Quality.

Saran admin, sebaiknya kamu harus bijak dalam menggunakan aplikasi-aplikasi seperti admin sebutkan di atas bahkan aplikasi lainnya yang tidak sempat admin sebutkan agar dapat menghemat kuota internet anda. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Comments

  1. Ane pake semua aplikasi diatas gan kecuali spotify, emang boros banget soalnya scroll terussss.. Hehe

    ReplyDelete
  2. yang paling boros batre sih apa ajah gan? kesel jga kalau btre tiba2 low pdahal hp dkantong doang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

Pengertian Framework dan Fungsinya