Tips Mengoptimalkan Performa Komputer Anda


Tips Mengoptimalkan Performa Komputer Anda

Hallo sob, kali ini admin akan memberikan sebuah artikel Tips Mengoptimalkan Performa Komputer Anda. Di era modern ini Komputer memang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari seperti menyelesaikan tugas/pekerjaan orang, membantu mengolah dan memproses data hingga berselancar di internet. 


Namun apa jadinya jika komputer/laptop yang kita gunakan sehari-hari performa-nya semakin hari semakin lemot atau lambat, tentunya ini akan sangat merepotkan terlebih ketika ada pekerjaan secara mendadak. Nah kali ini saya akan memberikan tipsnya agar performa komputer/laptop anda bekerja dengan baik bagi anda semua yang mengalami komputer/laptop nya berasa lemot. oke langsung saja kita masuk ke pembahasan.

·    Men-disable aplikasi startup



Langkah yang paling pertama yaitu, men-disable aplikasi yang memulai otomatis ketika komputer sudah menyala atau sudah masuk ke desktop (startup). Untuk meonaktifkan aplikasi tersebut cukup mudah, yaitu anda buka task manager, lalu pilih tab startup, kemudian klik kanan pada aplikasi yang ingin di-nonaktifkan lalu plih disabled

·    Hapus Software yang tidak penting



Apabila ada aplikasi / software yang dirasa kurang penting untuk anda, ada baiknya anda menghapus software tersebut agar tidak mengganggu kinerja dari komputer anda

·    Hapus file sampah atau cache secara berkala



Langkah berikutnya yaitu, menghapus file sampah atau cache memory pada komputer anda, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan software tools untuk membersihkannya seperti Ccleaner atau sobat bisa menggunakan fasilitas disk clenaup bawaan windows untuk membersihkannya.

·    Scan virus/malware menggunakan software antivirus



Hal yang paling berpengaruh yang membuat komputer / laptop anda terasa berat yaitu kemungkinan adanya virus dan malware pada komputer anda. Biasanya virus atau malware yang masuk ke komputer anda kemungkinan karena adanya aktivitas yang anda lakukan secara sadar atau tidak sadar, sudah terdapat virusnya seperti browsing ke situs yang kurang terpercaya, dan juga sering menginstall software yang abal-abal atau tidak aman. Nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan software antivirus yang tentunya sudah terpercaya juga seperti AvastAVGSmadav dll.


  • Defragmen disk secara rutin
salah satu cara agar komputer anda dapat berjalan dengan optimal yaitu dengan melakukan defragmen disk secara berkala agar kinerja sistem dapat berjalan dengan baik.

·    Upgrade RAM  dan SSD (jika perlu)


Apabila sobat kurang puas dengan performa komputer ataupun laptop anda, mengupgrade RAM dan menggunakan SSD adalah salah satu solusinya untuk mengatas hal tersebut.

·    Melakukan Reset Factory



Dan hal yang paling terakhir yang bisa anda lakukan apabila cara-cara diatas tidak mempan juga yaitu dengan cara install ulang komputer / laptop anda.

Demikian tips yang bisa saya berikan kepada anda semua, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba...


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya