Pengertian Multimedia Beserta Manfaatnya


Pengertian Multimedia Beserta Manfaatnya

Pengertian Multimedia Beserta Manfaatnya - Secara harfiah, kata Multimedia sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu multi dan media. Multi yang berarti banyak, sedangkan media merupakan sarana atau elemen untuk menyampaikan sesuatu berupa informasi dan juga berinteraksi kepada para pengguna.


Pengertian Multimedia secara umum, merupakan suatu teknologi yang menggabungkan beberapa sarana atau media seperti teks, suara, gambar, video dan animasi untuk menyampaikan atau memberikan informasi kepada khalayak orang.

Multimedia banyak digunakan dalam bidang bisnis dan penddidikan atau edukasi. Dalam dunia pendidikan atau edukasi, multimedia digunakan sebagai media untuk mengajar kepada siswa di dalam kelas.

Sedangkan penerapan multimedia dalam dunia bisnis biasa digunakan sebagai media profil perusahaan, informasi produk dan juga sebagai media informasi seperti lembaga kursus. Selain itu istilah multimedia juga sering digunakan dalam dunia game, informatika dan juga pembuatan situs web.
Manfaat Teknologi Multimedia Dalam Berbagai Bidang

·         Bidang Pendidikan


manfaat teknologi multimedia dalam dunia pendidikan sangatlah berguna, antara lain: Membantu siswa dalam proses belajar dalam kelas, membantu guru dalam mengajar materi kepada siswa seperti memanfaatkan gambar, suara, animasi dan teks untuk menyampaikan isi materi, dan juga mampu membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi ini.

·         Bidang Bisnis


Teknologi Multimedia dalam dunia bisnis biasa digunakan untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan bisnis kepada orang-orang. Dengan teknologi ini kita dapat mempromosikan bisnis kita seperti hal-nya mempromosikan produk kepada khalayak ramai agar tampak lebih menarik, kreatif dan juga inovatif sehingga memiliki ketertarikan sendiri.
Selain itu penerapan multimedia dalam dunia bisnis meliputi presentasi, pelatihan, pemasaran, periklanan,demo produk, data base, katalog, pesan kilat, dan komunikasi jaringan.

·         Bidang Kesehatan


Dalam bidang kesehatan teknologi multimedia mampu membantu dokter maupun perawat dalam menganalisa penyakit yang di-diagnosa oleh pasien seperti sinar pemindai x-ray, mikroskop yang sudah terhubung ke komputer untuk melihat objek yang tidak kasat mata

·         Bidang Hiburan


Multimedia juga banyak diadopsi dalam dunia hiburan, seperti hal-nya digunakan dalam dunia musik, game dan juga film/video. Contoh-nya pada industri game, teknologi multimedia digunakan untuk efek animasi, suara dan juga lain-lain agar tampak lebih menarik dan dalam dunia film multimedia digunakan untuk menambahkan kesan film menjadi lebih menarik seperti penerapan Video FX, Slowmotion, membuat video menjadi terlihat sinematis dan lain-lain.

Kelebihan Multimedia



  • Teknologi Multimedia memiliki kelebihan, antara lain:
  •  Mampu menarik perhatian  karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat
  •  Media alternatif dalam penyampaian pesan diperkuat dengan teknologi teks, suara, gambar, video, dan animasi
  •  Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
  • Penyampaian pesan dan informasi menjadi lebih Interaktif

Kekurangan Multimedia


Selain memiliki kelebihan diatas, multimedia juga punya kekurangan, antara lain:

  •        Desain yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan  pesan tidak tersampaikan dengan baik
  •        Menjadi kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disabilitas
  •         Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

   Demikian artikel dari saya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya