Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer



Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer - Jaringan Komputer atau biasa disebut juga dengan computer network merupakan kumpulan dari beberapa komputer beserta peralatannya (peripheral) yang saling terhubung satu sama lain dan memungkinkan terjadinya komunikasi dan pertukaran informasi antarkomputer.


Jaringan komputer memungkinkan pemakaian bersama peralatan pendukungnya / peripheral seperti printer, scanner dan juga harddisk agar meningkatkan efisiensi kerja suatu kelompok. Contohnya, pada suatu jaringan komputer disitu terdapat 8 unit komputer dengan 1 printer dapat dipakai bersama secara bergantian tanpa harus mengubah posisi kabel printer.



Manfaat jaringan komputer

jaringan komputer dibuat dengan tujuan untuk membawa informasi secara tepat dan akurat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim menuju ke sisi penerima melalui media komunikasi. Manfaat jaringan komputer antara lain :

·         Sharing Resources


Sharing Resources ( berbagi sumberdaya) merupakan manfaat dari jaringan komputer yang bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai

·         Media komunikasi


Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna yang satu dengan yang lain baik melalui teleconference maupun mengirim pesan dan juga informasi penting

·         Integrasi data


Integrasi data (data integrated) bertujuan untuk mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja. Melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.

·         Pengembangan dan pemeliharaan


Pengembangan peralatan atau peripheral dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu printer sebanyak komputer yang ada. Tetapi cukup satu buah printer karena dapat digunakan secara bersamaan.

·         Keamanan data


Jaringan komputer mampu memberikan perlindungan terhadap data karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada pengguna

·     Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini


Jaringan komputer memungkinkan pemakaian sumber daya secara bersama sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi

Itulah artikel mengenai Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer, semoga bacaan tersebut dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya