Definisi Interaksi Manusia dan Komputer Secara Lengkap


Interaksi manusia dan komputer merupakan sebuah hubungan timbal balik atau komunikasi antara manusia dengan komputer. Hubungan antara keduanya akan menghasilkan suatu tujuan dengan menjalankan sistem komputer yang didasari dengan user interface (tampilan antarmuka).

Interaksi manusia dan komputer


User interface merupakan komponen yang paling penting dari lingkungan komputer. Karena dengan elemen tersebut, user dapat melihat dan memahami tampilan dari sistem komputer itu sendiri.

Ada 2 elemen yang berperan penting dalam interaksi manusia dan komputer diantaranya yaitu :

Manusia
Peran manusia disini yaitu memasukan perintah ke dalam komputer yang akan diproses melalui mesin komputer. Perintah ini dapat berupa tulisan baik itu angka maupun huruf, suara, gambar dll.

Komputer
Sedangkan peran komputer disini yakni menerima dan memproses perintah yang sudah diinputkan atau dimasukan oleh manusia (user) sebelumnya dan perintah tersebut akan diolah dan hasilnya akhirnya nanti akan ditampilkan melalui perangkat ouput seperti monitor.

Definisi lainnya mengenai interaksi manusia dan komputer yakni suatu bidang / ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara merancang, membuat dan mengimplementasikan suatu tampilan agar komputer dan manusia dapat berinteraksi satu sama lain.

Tampilan user interface yang baik dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna sehingga proses terjadinya interaksi antar kedua komponen tersebut dapat berjalan dengan baik dan user pun akan merasa puas.

Seorang desainer interaksi manusia dan komputer harus mengetahui persis karakteristik pengguna komputer mulai dari aspek ergonomi, usability (kegunaan), efisiensi, hingga learnability atau tingkat kemudahan.

Tujuan
Tujuan adanya interaksi manusia dan komputer yaitu untuk menghasilkan suatu sistem yang bermanfaat, efektif dan efisien sehingga dapat dengan mudah dioperasikan oleh user.

Faktor-faktor yang mempengaruhi user interface

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pendewasaan interaksi manusia dan komputer :

Rekayasa perangkat lunak (RPL)
Rekayasa perangkat lunak merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang dan membuat suatu program yang berguna. RPL merupakan salah satu faktor utama yang terlibat dalam pendewasaan interaksi manusia dan komputer, karena dengan adanya RPL suatu program yang betul-betul efektif, efisien dan juga ramah pengguna, sehingga user pun dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)
Kecerdasan buatan merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana membuat alat-alat elektonik seperti komputer, robot, dan sebagainya dapat bertindak bahkan berpikir layaknya manusia. Pengaruh kecerdasan buatan dalam perkembangan IMK yaitu dapat menciptakan suatu sistem yang canggih seperti halnya aplikasi sistem pakar.

Faktor linguistik
Berikutnya yaitu faktor linguistik atau bahasa,  faktor bahasa ini juga sangat berperan penting dalam pembuatan user interface agar pengguna dapat menggunakan sistem dengan mudah tanpa ada kesalah pahaman.

Psikologi
Faktor yang berikutnya yakni psikologi. Seorang desain antarmuka harus mempertimbangkan beberapa aspek psiokologi sebelum merancang suatu sistem seperti siapa target usernya, lingkungannya serta perilaku mereka secara umum agar bisa menciptakan hasil program yang lebih ramah pengguna.

Multimedia
Faktor multimedia biasanya digunakan sebagai sarana komunikasi agar lebih efektif antara manusia dan komputer dengan menggunakan media seperti gambar, teks, suara, video, animasi dan lain sebagainya agar lebih menarik.

Faktor antropologi
Faktor yang mendeskripsikan tentang bagaimana cara kerja anggota dari suatu kelompok agar dapat memberikan kontribusi yang sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Faktor Ergonomik
Ergonomik sendiri merupakan faktor yang berhubungan dengan aspek fisik agar mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.

Sosiologi
Faktor sosiologi merupakan faktor yang mempengaruhi sistem komputer dalam konteks interaksi.

Teknik penulisan
Teknik penulisan adalah salah satu faktor yang harus dipertimbangkan oleh seseorang ingin membuat suatu program seperti petunjuk  / panduan untuk menggunakan program tersebut agar user dapat mempelajari dan beradaptasi dengan lingkungan program tersebut dengan baik.

Matematika
Jika suatu program atau software yang dibuat berdasarkan perhitungan matematika maka akan menghasilkan produk / perangkat lunak yang baik dan disukai oleh banyak penggun

Faktor bisnis
Dan faktor yang terakhir yaitu faktor bisnis. Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat akan mendorong suatu kelompok bahkan perusahaan untuk berlomba-lomba membuat suatu produk yang efisien dan mudah untuk digunakan. Salah satu contohnya yaitu smartphone, dengan adanya perangkat smartphone, kita tidak hanya bisa mengirim sms ataupun sekedar telepon, tetapi lebih dari itu seperti mengirim email, chatting, browsing.

Demikian artikel dari saya mengenai Definisi Interaksi Manusia dan Komputer, semoga bacaan diatas boleh berguna bagi sobat sekalian yang membacanya, terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya