Definisi Interaksi Manusia dan Komputer Secara Lengkap
Interaksi manusia dan komputer merupakan sebuah hubungan
timbal balik atau komunikasi antara manusia dengan komputer. Hubungan antara
keduanya akan menghasilkan suatu tujuan dengan menjalankan sistem komputer yang
didasari dengan user interface (tampilan antarmuka).
User interface merupakan komponen yang paling penting dari
lingkungan komputer. Karena dengan elemen tersebut, user dapat melihat dan
memahami tampilan dari sistem komputer itu sendiri.
Ada 2 elemen yang berperan penting dalam interaksi manusia
dan komputer diantaranya yaitu :
Manusia
Peran manusia disini yaitu memasukan
perintah ke dalam komputer yang akan diproses melalui mesin komputer. Perintah
ini dapat berupa tulisan baik itu angka maupun huruf, suara, gambar dll.
Komputer
Sedangkan peran komputer disini yakni
menerima dan memproses perintah yang sudah diinputkan atau dimasukan oleh
manusia (user) sebelumnya dan perintah tersebut akan diolah dan hasilnya
akhirnya nanti akan ditampilkan melalui perangkat ouput seperti monitor.
Definisi lainnya mengenai interaksi manusia dan komputer
yakni suatu bidang / ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara merancang,
membuat dan mengimplementasikan suatu tampilan agar komputer dan manusia dapat
berinteraksi satu sama lain.
Tampilan user interface yang baik dapat dipahami dengan
mudah oleh pengguna sehingga proses terjadinya interaksi antar kedua komponen
tersebut dapat berjalan dengan baik dan user pun akan merasa puas.
Seorang desainer interaksi manusia dan komputer harus
mengetahui persis karakteristik pengguna komputer mulai dari aspek ergonomi,
usability (kegunaan), efisiensi, hingga learnability atau tingkat kemudahan.
Tujuan
Tujuan adanya interaksi manusia dan komputer yaitu untuk
menghasilkan suatu sistem yang bermanfaat, efektif dan efisien sehingga dapat
dengan mudah dioperasikan oleh user.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi user interface
Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi
pendewasaan interaksi manusia dan komputer :
Rekayasa perangkat lunak (RPL)
Rekayasa perangkat lunak (RPL)
Rekayasa perangkat lunak merupakan suatu
cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang dan membuat suatu
program yang berguna. RPL merupakan salah satu faktor utama yang terlibat dalam
pendewasaan interaksi manusia dan komputer, karena dengan adanya RPL suatu
program yang betul-betul efektif, efisien dan juga ramah pengguna, sehingga
user pun dapat dengan mudah mengoperasikannya.
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)
Kecerdasan buatan merupakan suatu ilmu yang
mempelajari tentang bagaimana membuat alat-alat elektonik seperti komputer,
robot, dan sebagainya dapat bertindak bahkan berpikir layaknya manusia.
Pengaruh kecerdasan buatan dalam perkembangan IMK yaitu dapat menciptakan suatu
sistem yang canggih seperti halnya aplikasi sistem pakar.
Faktor linguistik
Berikutnya yaitu faktor linguistik atau
bahasa, faktor bahasa ini juga sangat
berperan penting dalam pembuatan user interface agar pengguna dapat menggunakan
sistem dengan mudah tanpa ada kesalah pahaman.
Psikologi
Faktor yang berikutnya yakni psikologi.
Seorang desain antarmuka harus mempertimbangkan beberapa aspek psiokologi
sebelum merancang suatu sistem seperti siapa target usernya, lingkungannya
serta perilaku mereka secara umum agar bisa menciptakan hasil program yang
lebih ramah pengguna.
Multimedia
Faktor multimedia biasanya digunakan
sebagai sarana komunikasi agar lebih efektif antara manusia dan komputer dengan
menggunakan media seperti gambar, teks, suara, video, animasi dan lain
sebagainya agar lebih menarik.
Faktor antropologi
Faktor yang mendeskripsikan tentang
bagaimana cara kerja anggota dari suatu kelompok agar dapat memberikan
kontribusi yang sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Faktor Ergonomik
Ergonomik sendiri merupakan faktor yang berhubungan dengan aspek fisik agar mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
Sosiologi
Faktor sosiologi merupakan faktor yang
mempengaruhi sistem komputer dalam konteks interaksi.
Teknik penulisan
Teknik penulisan adalah salah satu faktor
yang harus dipertimbangkan oleh seseorang ingin membuat suatu program seperti
petunjuk / panduan untuk menggunakan
program tersebut agar user dapat mempelajari dan beradaptasi dengan lingkungan
program tersebut dengan baik.
Matematika
Jika suatu program atau software yang dibuat
berdasarkan perhitungan matematika maka akan menghasilkan produk / perangkat
lunak yang baik dan disukai oleh banyak penggun
Faktor bisnis
Faktor bisnis
Dan faktor yang terakhir yaitu faktor
bisnis. Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat akan mendorong suatu
kelompok bahkan perusahaan untuk berlomba-lomba membuat suatu produk yang
efisien dan mudah untuk digunakan. Salah satu contohnya yaitu smartphone,
dengan adanya perangkat smartphone, kita tidak hanya bisa mengirim sms ataupun
sekedar telepon, tetapi lebih dari itu seperti mengirim email, chatting,
browsing.
Demikian artikel dari saya mengenai Definisi
Interaksi Manusia dan Komputer, semoga bacaan diatas boleh berguna bagi sobat
sekalian yang membacanya, terima kasih.
Comments
Post a Comment