Pengertian Database Secara Lengkap

Pengertian Database Secara Lengkap

 Pengertian Database Secara Lengkap - Database (basis data) merupakan kumpulan data-data berupa informasi yang saling berhubungan / berkaitan satu sama lain yang tersusun secara sistematis sedangkan perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan, meng-organisir dan mengambil data disebut dengan Database Management System (DBMS). Kita biasa menggunakan kata ‘database’ saja untuk merujuk kepada kedua pengertian tersebut. Database dapat mengatur berbagai tipe data yang ada termasuk teks, angka, gambar, video, audio dan lain-lain.

Informasi yang dimasukan ke dalam database melalui field-field (kolom) yang tersedia.  Setiap field menyimpan beberapa informasi seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, dll. Masing-masing field saling berkaitan satu sama lain di dalam satu record.

Record-record tersebut tergabung dalam file yang menyimpan jumlah informasi yang sangat besar. File-file tersebut dapat dengan mudah diperbaharui, seperti mengubah, menambah dan menghapus record tersebut. Program database mengizinkan anda untuk membuat index atau daftar dari record-record yang tersusun menurut isi dari beberapa field tertentu. Beberapa software database yang sering digunakan saat ini yaitu mySQL, Oracle, mSQL, DB2 dan lain-lain. Dua database bisa saling terhubung apabila kedua database tersebut memiliki field yang sama.

Database query merupakan fungsi yang dapat mengizinkan anda untuk mengektrak informasi sesuai kondisi atau kriteria tertentu. Sebagai contoh : Seorang direktur ingin mengetahui pelanggan / nasabah mana saja yang membayar iuran bulanan lebih dari Rp 50.000 per bulan, maka program secara otomatis akan mencari atau mengindeks kolom / field namadan kolom uang secara bersamaan

Pengertian database menurut para ahli


Adapaun beberapa pengertian atau definisi tentang database menurut para ahli :

C.J.Date


Database merupakan kumpulan “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh suatu sistem software. Ada 3 jenis prosedur dalam database, yaitu data input (data yang dimasukan ke dalam sistem), data output (data yang dihasilkan oleh sistem) serta data operasional (data yang disimpan dalam database

Toni Fabbri


Database adalah kumpulan file-file terintegrasi yang memiliki primary key untuk melakukan pengulangan data.

Gordon C.Everest


Database adalah kumpulan data-data yang bersifat mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal dan terkendali oleh suatu organisasi.

S.Attre


Database merupakan kumpulan dari data-data yang saling berinteraksi satu sama lain dalam suatu organisasi yang digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Chou


Menurut chou, database ialah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tata cara yang khusus , yang digunakan sebagai keperluan dari suatu organisasi.

Fabbri dan Schwab


Database adalah sebuah sistem pemberkasan yang terpadu yang dibuat untuk meminimalkan pengulangan data atau redudancy data.

Ciri-ciri Database :


Database memiliki karakteristik atau ciri-ciri sebagai berikut :

1. Dapat menyimpan berbagai macam data yang berbeda-beda

2. Tidak adanya duplikasi data dalam database
3. Beberapa pengguna dapat mengakses database yang sama dan juga dalam waktu yang bersamaan
4. Adanya backup dan pemulihan data
5. Integritas data
6. Data-data terstruktur dan terdeskripsi

Manfaat database 


Adapun beberapa manfaat yang didapat dari penggunaan database sebagai berikut :

1. Dapat mencari informasi beserta relasinya meskipun dalam jumlah data yang sangat besar secara cepat dan tepat.

2. Database dapat diakses oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, dalam dunia bisnis, beberapa pegawai dapat mengakses data atau informasi yang sama dalam waktu yang bersamaan pula.

3. Database dapat diakses dimanapun dan kapanpun anda berada selama anda terhubung melalui jaringan internet. 

4. Informasi atau data yang tersimpan dalam database management system (DBMS) dapat dibagikan kepada lebih dari satu pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Demikian artikel dari saya mengenai pengertian database kali ini, semoga bacaan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua, terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Aktivasi Windows Dengan Mudah

5 Aplikasi Android Yang Paling Boros Kuota Internet

Pengertian Framework dan Fungsinya